Gemar Matematika Lewat Tips Menghafal Perkalian 1-10
Matematika, mata pelajaran yang pasti ditemui dan dipelajari oleh semua peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Namun, pada kenyataannya mata pelajaran Matematika menjadi mata pelajaran yang kurang diminati atau bahkan ditakuti oleh peserta didik. Mata pelajaran ini menjadi dasar yang dipelajari peserta didik sebagai sarana berfikir ilmiah yang sangat diperlukan guna mengembangkan kemampuan logisnya untuk memenuhi kebutuhan serta memecahkan masalah yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari (Hayani, 2020).
Matematika bukan hanya sekedar mata pelajaran yang hanya berisi angka, operasi hitung, teorema, rumus maupun definisi rumit seperti yang dipikirkan beberapa orang, melainkan berisi hal untuk melatih keterampilan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan di kehidupan sehari-hari (Efendi et al., 2021). Belajar Matematika sangat penting karena dengan matematika kita dapat memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari, di antaranya yaitu dalam hal jual beli di pasar, transaksi di bank, hingga kegiatan memasak di dapur merupakan contoh implementasi dari Matematika. Maka dari itu, pembelajaran Matematika di setiap jenjang sekolah sangat penting terutama dalam penerapan materi – materi dasar dalam pembelajaran Matematika.
Kemampuan berhitung dalam Matematika merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dan memerlukan penalaran serta keterampilan aljabar yang digunakan untuk memformulasikan permasalahan Matematika yang diharapkan dapat dipecahkan dengan menggunakan operasi hitung. Perkalian, perkalian adalah salah satu dasar dalam mempelajari lebih dalam terkait dengan mata pelajaran Matematika (Dwi Rahmayanti, 2023). Menurut Afifah & Fitrianawati (2021) pada penelitiannya, materi perkalian merupakan salah satu materi yang masih sulit dipahami oleh peserta didik, karena beberapa faktor di antaranya adalah banyak peserta didik yang tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga belum sepenuhnya menguasai materi perkalian dan terbatasnya penggunaan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik untuk mempelajari materi tersebut.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Nursofia Zain pada tahun 2022, terdapat beberapa kesulitan peserta didik dalam memahami perkalian. Kesulitan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang dimaksud meliputi rendahnya minat dan motivasi peserta didik, serta kurangnya ketelitian dan keterampilan dalam mengerjakan soal operasi hitung Matematika. Sedangkan, faktor eksternal yang dimaksud meliputi kurangnya motivasi dan bimbingan dari guru serta orang tua peserta didik. Minimnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam memahamkan operasi perkalian pada peserta didik di sekolah juga menjadi faktor eksternal yang mempengaruhi rendahnya minat peserta didik dalam memahami perkalian. Maka dari itu, untuk dapat memudahkan kita dalam menghafal perkalian minimal perkalian 1 – 10 ada beberapa tips di antaranya sebagai berikut:
1. Menghafal sembari menulis perkalian
Kita dapat menuliskan perkalian 1 – 10 di buku tulis. Misalnya selama 3 hari berturut-turut menuliskan perkalian 1 dan 2 di buku tulis atau di kertas, kemudian setelah perkalian 1 dan 2 hafal, dilanjutkan dengan 3 hari berikutnya menuliskan perkalian 3 dan 4. Begitu seterusnya sehingga sedikit demi sedikit akan mulai menghafal perkalian setelah membiasakan diri menulis perkalian.
2. Menghafal sembari melihat perkalian
Kita dapat menulis perkalian dan menempelkan tulisan-tulisan terkait perkalian di sudut-sudut ruangan yang sering dilewati. Sehingga setiap kali melihat perkalian tersebut otomatis kita akan membaca dan secara tidak sadar akan menghafal perkalian tersebut.
3. Menghafal dengan menggunakan media pembelajaran
Media pembelajaran dapat menjadi salah satu jembatan atau alat bantu dalam menghafalkan perkalian. Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam hal ini tidak hanya sekedar barang atau alat, tetapi bisa juga dengan menggunakan media lagu, jari tangan, dan sebagainya yang membuat peserta didik menjadi senang untuk belajar serta mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah.
Berdasarkan tips untuk memudahkan menghafal perkalian di atas, dapat membantu peserta didik untuk lebih menyukai mata pelajaran Matematika. Tips di atas dapat dengan mudah diterapkan apabila kita memiliki niat yang sungguh-sungguh untuk mahir dalam hal perkalian, karena pada dasarnya setiap mata pelajaran akan mudah untuk dipelajari apabila dari dalam diri kita sendiri memiliki niat yang sungguh-sungguh dan semangat yang tinggi, jika hal tersebut dimiliki oleh kita maka akan hadir rasa suka dan senang untuk belajar, serta menyelesaikan segala tugas atau permasalahan yang hadir saat kita belajar maupun menjalani pembelajaran di sekolah.
DAFTAR PUSTAKA
Afifah, H. N., & Fitrianawati, M. (2021). Pengembangan Media Panlintarmatika (Papan Perkalian Pintar Matematika) Materi Perkalian Untuk Siswa Sekolah Dasar. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 41–47. https://doi.org/10.24176/wasis.v2i1.5785
Dwi Rahmayanti, J. (2023). Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Dasar. Risda: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.59355/risda.v7i1.97
Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126
Hayani, N. N. (2020). Strategi pencegahan kesulitan belajar matematika dengan membiasakan belajar secara mandiri.
Nursofia Zain, B. R., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429–1434. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.788
Penulis Artikel : Amelania Dewi, S. Pd., Gr.
Sebagai : Guru Matematika