Pentingnya Pemanfaatan Multimedia dalam Penerapan Penerapan Gaya Belajar Siswa
Pada Era Digital, penggunaan Multimedia dalam konteks pembelajaran telah menjadi suatu keharusan. Teknologi Multimedia tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Maka di dalam artikel ini kita akan membahas mengenai peran penting pemanfaatan Multimedia dalam pembelajaran dan dampak positifnya terhadap kegiatan belajar mengajar, serta tantangan yang akan dihadapi dalam penggunaan Multimedia.
Tantangan Penggunaan Sarana Multimedia dalam pembelajaran perlu diperhatikan bagi setiap penggunanya. Salah satunya yaitu keterbatasan aksesibilitas dan infrastruktur yang dapat menjadi kendala dalam mengakses internet (Purwanti & Irsyad, 2020; Hamid, 2018).
Pada masa pandemi COVID-19, kebutuhan pembelajaran jarak jauh menjadi sangat penting. Meskipun, tidak semua siswa memiliki akses internet dan tentunya hal ini dapat menghambat partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran yang melibatkan media internet. Tantangan lain yang perlu diperhatikan adalah masalah kecanduan dan distraksi yang dapat muncul akibat penggunaan media internet, terutama dalam bentuk game (Susanti, dkk, , 2020).
Penggunaan game dalam pembelajaran juga dapat menyebabkan siswa menjadi kecanduan dan mengalami gangguan konsentrasi. Saat siswa terlalu terfokus
pada aspek hiburan dalam penggunaan media internet maka mereka akan kehilangan fokus pada tujuan
pembelajaran yang seharusnya.
Multimedia dalam konteks pembelajaran dapat mencakup berbagai elemen seperti teks, gambar, suara, video, dan animasi. Kombinasi elemen ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyeluruh dan menarik. Teknologi Multimedia membuka pintu bagi metode pengajaran yang lebih interaktif dan beragam.
Keterlibatan Siswa dalam hal Multimedia dapat meningkatkan tingkat keterlibatan melalui presentasi visual dan auditori yang menarik. Tingkat keterlibatan siswa dalam hal Multimedia tentunya harus diimbangi dengan penyampaian pemahaman oleh guru dalam penggunaannya sehingga dapat membantu siswa khususnya dalam memahami konsep-konsep yang sulit dengan lebih mudah.
Pada kahekatnya Multimedia dapat membantu kegiatan pembelajaran, seperti penerapan gaya belajar guru kepada siswa. Dengan penggunaan multimedia kepada siswa dapat membantu mengembangkan keterampilan kritis siswa, seperti analisis dan sintesis, melalui interaksi dengan media. Selain itu, Guru juga dapat membuat presentasi multimedia dalam pembelajaran yang mencakup penggunaan grafik, video, dan animasi untuk menjelaskan konsep-konsep pelajaran. Penggunaan Perangkat Lunak Pendidikan seperti Aplikasi dan perangkat lunak khusus dapat membantu dalam pembuatan materi pembelajaran yang interaktif.
Penggunaan Multimedia juga dapat mendukung pembelajaran jarak jauh melalui platform daring, webinar, dan materi pembelajaran digital. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran dapat meningkatkan retensi informasi dan hasil akademis siswa. Pemahaman konsep yang lebih baik dan penerapan pengetahuan dalam situasi praktis juga dapat dicapai melalui pendekatan pembelajaran Multimedia.
Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Multimedia dalam pembelajaran banyak memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pembelajaran dan pengalaman belajar siswa. Memanfaatkan teknologi Multimedia dengan bijak dapat membuat pendidik atau guru mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis, menarik, dan mendukung perkembangan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.
Daftar pustaka :
Purwanti, Y., & Irsyad, M. (2020). Pemanfaatan Media Internet Dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh
Di Era Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 10–21.
Susanti, E., & Sari, S. P. (2020). Pemanfaatan Media Internet Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi
Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ipa, 11(1), 14–2
Sari, D. P., & Purwanto, A. (2019). Pemanfaatan Media Internet Sebagai Sarana Pembelajaran Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(1), 33– 42.
Penulis: Azzah Lutfiah, S. Kom.
Sebagai: Operator Sekolah dan Staf Administrasi